Kursus Nge-Blog ala KBBC

Pada hari Minggu, 11 Mei 2008, kemaren, saya turut berpartisipasi dalam Kursus Blog Benteng Cisadane yang diselenggarakan oleh Komunitas Bloger Benteng Cisadane (KBBC), bertempat di Multiplus Kisamaun, Tangerang. Pada kursus gratis yang terbuka bagi masyarakat umum itu, diberikan pelatihan teknis membuat blog di dagdigdug.com dan penjelasan mengenai nge-blog yang ber-etika dan sadar hukum.

Saya sendiri berkesempatan memberikan materi berjudul “Tips Nge-Blog Sehat ala KBBC” pada kursus yang diikuti oleh 20 orang itu. Dalam materi itu saya menyampaikan bahwa pada pokoknya nge-blog itu ada juga etika dan aspek hukumnya. Secara garis besar hal itu saya rangkum dalam lima hal pokok, yaitu, pertama, utamakan posting hasil karya sendiri. Kedua, apabila ingin mem-posting hasil karya orang lain, jangan lupa untuk meminta ijin dari orang yang bersangkutan.

Ketiga, hindari mem-posting sesuatu yang tidak jelas kebenarannya. Keempat, hindari mem-posting sesuatu yang bernuansa pornografi/asusila. Kelima, hindari mem-posting sesuatu yang melecehkan fisik, keyakinan, kelompok, suku/bangsa, dan pekerjaan pihak lain.

Meski masih ada kekurangan di sana-sini, namun itikad baik dan kerja keras KBBC untuk menyelenggarakan kursus tersebut patut diacungi jempol setinggi-tingginya. Moga-moga kursus seperti itu bisa terus diselenggarakan, sehingga dapat membantu menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Amiin 

(foto: koleksi KBBC)

7 Comments

  1. pertamaxx oom

  2. tips dari oom Ajo emang bagus untuk diterapkan oleh para bloger

  3. *kejar-kejar away*

  4. Ajo murtad dari Blogger. Domain arijuliano.net disetting di sini saja, Jo. Storage 3GB nggak bakalan habis.

  5. @ away

    Thx, oom away😛

    @ Anggara

    Awas nabrak! 😛

    @ Moh Arif Widarto

    Udah dibilangin, disini tuh cuma buat curhat doang, bang. Jadi sebenarnya nggak mau ketahuan juga sama orang-orang. Anak2 KBBC aja pada nekat … hehehe

  6. hidup nekad!!
    maap hasil potonya gelap😛

    *kabur*

  7. @ edy

    mungkin mataharinya perlu dipindahin dulu, boss … hehehe


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s