Negeri Ini Bukan Negerinya Para Preman!

Salut buat aparat penegak hukum yang telah menunjukkan ketegasan sikapnya dalam menangani insiden di Monas, 1 Juni 2008 lalu. Dengan ditahannya beberapa orang anggota Front Pembela Islam (FPI) yang diduga melakukan penyerangan terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKK-BB) pada 3 Juni 2008 lalu, maka spekulasi tentang ketegasan aparat penegak hukum telah terjawab sudah.

Namun demikian, tugas aparat penegak hukum seharusnya tidak berhenti sampai disitu saja. Aparat juga harus mau mendengar keterangan dari pihak FPI mengenai penyebab terjadinya insiden tersebut. Adanya dugaan provokasi dari pihak-pihak tertentu pada insiden tersebut harus juga menjadi perhatian dari aparat penegak hukum. Apabila memang ditemukan bukti adanya provokator tersebut, aparat penegak hukum harus segera mengambil tindakan tegas terhadapnya.

Selain itu, aparat penegak hukum juga harus mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku penyerangan terhadap anggota FPI dan pengrusakan fasilitas milik FPI di daerah. Beberapa stasiun televisi telah jelas menayangkan adanya peristiwa tersebut. Oleh karena itu, tangkap dan proses sesuai hukum para pelaku penyerangan dan pengrusakan tersebut.

Apabila tindakan tegas tidak dilakukan, maka masyarakat akan kembali berspekulasi. Jangan-jangan tindakan penahanan beberapa anggota FPI oleh aparat penegak hukum tersebut akibat tekanan dari kelompok tertentu. Apalagi kalau masyarakat sampai pada kesimpulan bahwa tindak kekerasan boleh dibalas dengan tindak kekerasan pula. Tentu ini sangat berbahaya sekali.

Saya menaruh harapan besar pada aparat penegak hukum di negeri ini. Masyarakat sudah lelah menyaksikan unjuk kekerasan dari hari ke hari. Tindak kekerasan dibalas dengan kekerasan seolah-olah menjadi lingkaran setan dalam sejarah republik ini.

Oleh karena itu, ketegasan sikap dari aparat penegak hukum sangat diperlukan untuk memutus lingkaran setan tersebut. Tunjukkan kepada kami bahwa negeri ini bukannya negeri para preman!

(foto: http://kompas.com)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s