Artis mau terjun ke politik? Liat Arnold, tuh!

Kemarin malam saya menonton acara dialog di televisi yang menampilkan seorang pengamat politik muda. Ketika ditanya pendapatnya mengenai banyaknya artis yang mendaftar menjadi calon anggota legislastif (caleg), ia menjawab dengan tegas bahwa itu telah merendahkan wibawa politik.

Ketika dikejar pertanyaan apakah berarti artis tidak boleh mencalonkan diri sebagai caleg, ia segera mengkoreksi pernyataannya bahwa artis yang mau maju harus punya kemampuan. Ia mencontohkan Arnold Schwarzenegger dapat terpilih menjadi Gubernur California bukan sekedar mengandalkan keartisannya, tapi Arnold mampu menunjukkan kemampuan berdasarkan pengalaman di berbagai aktifitas sosial politik yang dijalaninya.

Sebagai informasi, sebelum menjadi Gubernur California, Arnold aktif di Partai Republik, berurusan dengan olahraga dan mendirikan yayasan yang mendukung aktivitas ekstrakurikuler anak sekolah. Selama 30 tahun terakhir, Arnold mencurahkan hidupnya untuk anak-anak, kalangan tak beruntung, para pendidik, dan banyak kalangan lainnya. Ia juga aktif menggalang dana untuk Partai Republik. Selain itu, Arnold sering terlibat dalam perdebatan isu-isu politik seperti masalah aborsi, hak kaum gay, lingkungan dan impeachment.

Jadi, artis yang mau terjun ke dunia politik harusnya bukan sembarang artis (atau artis sembarangan?). Sang artis harus telah menunjukkan bahwa dirinya punya cukup pengalaman dalam beraktifitas, kemampuan dasar dan kepekaan sosial yang tinggi. Kalau sang artis hanya mengandalkan keartisannya saja, maka anggapan orang bahwa dunia politik itu sekedar panggung sandiwara akan tetap lestari.

Maap-maap aja, ya, Mpok, Bang!

(foto: http://www.indonesiaselebriti.com)

2 Comments

  1. jadi emang ada proses yg alami yak, bukan hasil pilihan pemirsa🙂

  2. beberapa selebriti memang hanya untuk menarik suara saja


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s