Ini Soal Kemanusiaan, Bung!

free_palestine

Sedih rasanya melihat begitu banyak orang yang menjadi korban serangan tentara Israel terhadap pejuang Hammas di Jalur Gaza. Bukan saja orang dewasa yang menjadi korban, wanita dan anak-anakpun tidak luput dari serangan tersebut. Bangunan-bangunan sekolah, rumah sakit dan tempat ibadah pun hancur lebur dihantam serangan bertubi-tubi tentara Israel.

Yang lebih menyedihkan lagi adalah beragamnya respon yang ditunjukkan dunia internasional terhadap peristiwa tersebut. PBB sebagai lembaga yang seharusnya bereaksi cepat menangani masalah ini malah terkesan ragu-ragu mengambil sikap.

Begitupun dengan reaksi di dalam negeri. Dari berbagai e-mail yang berseliweran di berbagai milis seolah-olah ditonjolkan bahwa peristiwa ini adalah masalah ‘perseteruan agama’. Sehingga bagi yang tidak berkepentingan dengan ‘perseteruan agama’ itu seolah-olah bersikap masa bodoh dengan segala hal yang terjadi di sana.

Ini soal kemanusiaan, Bung! Bukan soal agama atau bangsa apa yang terlibat di sana. Sudah jelas dipertontonkan di hadapan kita begitu banyak anak-anak dan wanita yang terluka atau kehilangan nyawanya. Begitu banyak orang yang kelaparan karena terputusnya distribusi bahan pangan di sana. Apakah kemudian kita masih mempermasalahkan agama atau bangsa apa yang terlibat di sana?

Menolong sesama adalah kewajiban setiap insan. Oleh karena itu, saya salut dengan upaya beberapa tokoh yang membentuk Prakarsa Persahabatan Indonesia – Palestina (Indonesian – Palestine Friendship Initiative). Sebuah lembaga yang dibentuk oleh tokoh-tokoh lintas agama, lintas suku bangsa, lintas profesi dan lintas afiliasi politik, dalam rangka menghimpun bantuan yang diperlukan untuk rakyat Palestine. Mereka semua sepakat bahwa peristiwa yang menimpa Palestina adalah insiden kemanusiaan. Oleh karena itu, setiap orang yang merasa dirinya manusia seharusnya tergerak untuk membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Stop Segala Bentuk Kejahatan Terhadap Kemanusiaan!

Throw One Million Shoes to Israel!!!

2 Comments

  1. BETUL! Ini soal kemanusiaan. Seluruh negara di manapun berada sudah seharusnya menentang konfilik ini. Dan mengencam keras terhadap ke sewenangan israel. Bahkan PBB pun tidak di acuhkan bahkan tidak berarti sedikit pun, jadi negara dunia harus belajar dari hari ini. Kelak hal ini akan terjadi lagi jika kita terus berdiam diri.

  2. Setuju sekali!…ini bukan perang agama, dari jaman purbakala 2 suku bangsa ini sudah berseteru. Palestina (di alkitab Perjanjian Lama disebut sebagai bangsa Filistin) emang udah jadi musuh bebuyutannya bangsa Israel. Sama-sama keras kepala dan tegar tengkuk, nggak ada yang mau ngalah.

    Mungkin yang ribut soal agama harus tau dulu yaa…salah satu pentolan HAMAS itu beragama Kristen. Jadi….sekali lagi ini bukanlah perang agama!!! Saya pun ikut menangisi para korban Palestina (in fact Christian Palestines segambreng disana dan ikutan jadi korban) dan mengutuk Israel….Israel is too much!!! heran deh dari jaman purbakala bangsa satu ini nggak ada tobatnya sama sekali!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s