Ini Film Dahsyat, Man!

film-perempuan-berkalung-so

Awalnya, saya menonton film ini hanya karena pemeran utamanya adalah Revalina S. Temat, seorang model dan bintang sinetron yang menjadi inspirasi nama anak pertama saya. Terus terang, saya kurang berminat menonton film yang bertema agama karena biasanya bersifat dogmatis.

Tapi, film yang bercerita tentang perempuan yang hidup dalam lingkungan pesantren ini memang luar biasa. Dari segi ide cerita yang bertutur tentang  perempuan yang mempertanyakan kedudukan perempuan dalam Islam ini lumayan bagus. Sepanjang film, penonton terus menerus disajikan rangkaian konflik yang menarik. Teknik pengambilan gambarnya pun lumayan bagus.

Ada satu adegan yang menarik. Ketika beberapa orang penghuni pesantren berniat kabur karena merasa kehidupan pesantren tidak bisa membuat mereka bebas berkarya, Annisa, tokoh utama yang diperankan Revalina S. Temat itu, berusaha menahan keinginan mereka. Annisa menyampaikan bahwa ketika Pramoedya Ananta Toer berada di pengasingan dengan berbagai tekanan dan intimidasi dari rezim orde baru yang berkuasa saat itu, Pramoedya tetap mampu berkarya, dengan menulis dan menghasilkan serial karya terkenalnya yang berjudul “Bumi Manusia”. 

Sebuah argumentasi yang bagus. Apabila Pramoedya saja mampu menghasilkan karya besar meski hidup dalam tekanan, mengapa kita yang hidup lebih bebas daripada Pramoedya tidak mampu berkarya, meski hanya sekedar menulis saja?

2 Comments

  1. Wah boleh juga tuh, saya mau nonton juga ahh…

  2. Sori bang Ari film tersebut menurut saya kurang memenuhi syarat untuk dikatakan dasyat, banyak adegan yg tidak perlu untuk diperlihatkan semacam “maaf” adegan suami mengajak hubungan di kamar mandi dg memaksa, seorang alumni pesantren yg melakukan hubungan bebas di Yogya, adegan hub disaat istri Mens, pembakaran buku2, & banyak adegan kekerasan yang mendeskriditkan pesantrean dan Islam secara luas krn itu menjadi konsumsi publik, sebab pesantren tdk semua seperti itu bang. mungkin ini hanya kebablasan Hanung yg tidak mengerti apa itu pesantren, islam dan kiai. Terima kasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s